Sinopsis Mahabharata Episode 136 - Upacara Penobatan Yudhistira Memakan Korban

Sinopsis Mahabharata Episode 136 - Upacara Penobatan Yudhistira Memakan Korban

Sinopsis Mahabharata Episode 136 - Sinopsis Mahabharata mengisahkan permusuhan sesama keturunan Dinasti Kuru yakni Pandawa dan Kurawa. Pandawa adalah lima saudara dari anak Raja Pandu, sedangkan Kurawa merupakan seratus anak dari Raja Distrarasta. Pandawa dan Kurawa sudah terlibat konflik sedari kecil karena sifat ketamakan Duryudhana (kakak tertua Kurawa). Pada akhirnya setelah semua dewasa konflik pun semakin menjadi dan peperangan besar tidak bisa dihindarkan. Kedua kubu pun menjalin sekutu masing-masing. Kubu Pandawa dan Kurawa pun kemudian berperang di medan Kurusetra. Nah untuk tahu kisah lengkapnya, simak ceritanya di Sinopsis Mahabharata Full Episode.

Sinopsis Mahabharata Episode 136
Sinopsis Mahabharata Episode 136

Sinopsis Mahabharata Episode 136 - Dalam upacara suyayajna Indraprasta, Sisupala hadir disana. Sisupala saudara jauh Krisna. Krisna sendiri sudah berjanji kepada ibu sisupala untuk memaafkan perbuatan Sisupala sampai 100 kali. Karena itulah Duryudhana mendekati Sisupala untuk melawan Krisna. Dan Sisupala sangat membenci Krisna.

Dan penobatan kerajaan Indraprasta untuk menjadi kerajaan mandiri pun dilaksanakan. Yudhistira mendapat berkat dari sesepuh Hastina termasuk Bhisma. Resi Biyasa juga datang dalam acara ini. 

Lalu Begawan Biyasa menyarankan upacara pragtamagya dilakukan. Begawan Biyasa berkata bahwa ada dua orang yang berhak melakukan itu yakni Bhisma atau Krisna. Bhisma sendiri menolak karena ia merasa tidak pantas karena ia bukan orang yang merdeka, ia berada dibawah raja Distrarasta.

Maka Krisna pun yang berhak mendapatkan penghormatan pragtamagya. Sisupala tidak terima. Ia berdiri dan menolak pragtamagya. Ia malah menghina Krisna dengan habis-habisan. 

Bhima tidak terima dan mau menghajar Sisupala namun Bhisma kemudian menenangkan Bhima. Namun Sisupala masih saja tetap ngoceh bahkan kemudian menghina Yudhistira juga ayahnya pandu. Arjuna murka namun Sisupala malah membahas soal ekalaya sehingga arjuna tidak bisa melawan kata-kata Sisupala.

Krisna diam namun dalam hati ia menghitung kesalahan Sisupala. Hingga setelah keselahan ke 100 Krisna pun tidak tahan akhirnya ia sangat marah dan mengeluarkan senjata andalannya. Cakra andalan Krisna kemudian keluar dan memenggal kepala Sisupala saat itu juga.

Kematian Sisupala di depan sidang istana Indraprasta membuat Duryudhana murka. Ia  menganggap Yudhistira melakukan kesalahan. Ia tidak terima karena Sisupala adalah sekutu Duryudhana. Duryudhana kemudian menantang Krisna untuk bertarung. Untunglah keributan itu berhasil dihentikan oleh Widura. Selanjutnya di Sinopsis Mahabharata Episode 137

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sinopsis Mahabharata Episode 136 - Upacara Penobatan Yudhistira Memakan Korban

0 comments:

Posting Komentar